-->
GREEN MADRASAH: truth sincerity honesty think discover create

Belajar Tak Hanya di Dalam Kelas

Belajar sambil bermain di Kebun Sains Sayang Ibu

MATARAM – Alam terbuka merupakan tempat belajar yang paling komplet, baik untuk pengetahuan maupun pengembangan karakter. Belajar di alam terbuka akan memberikan pengalaman langsung dan menumbuhkan perasaan. Hal inilah yang menjadi pondasi dasar meningkatkan kualitas diri.

Lembaga Sayang Ibu (LSI) pun tergerak melakukan terobosan baru menciptakan pembelajaran berbasis alam. Ini dikemas dalam Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu (MSI) one stop learning.

”Tak cukup dengan pembelajaran di kelas. Anak-anak juga butuh belajar di ruang terbuka secara lansung,” kata Jamaludin Abdullah, Direktur LSI saat ditemui di sela-sela kunjungan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kota Mataram, Sabtu (14/3).

Belajar melalui alam terbuka memberikan kesempatan peserta didik memaksimalkan otak kanan dan otak kiri. Keterlibatannya dalam proses pembelajaran perlu mendapatkan perhatian lebih. Dengan begitu, mampu mengeksplor potensi yang dimiliki secara natural.”Kualitas dan intelektual peserta didik dikemas terpadu, produktif dan menyenangkan. Itulah yang menjadi konsep kami di sini,” jelasnya.

Sementara, Ketua K3MI HM Irwan Ali Wardaini menuturkan, kunjungannya ini dalam rangka mencari informasi tambahan dan berimbang tentang lembaga pendidikan MSI. ”Kita memenuhi undangan dari pak direktur,” terangnya.

Menurutnya, saat ini pembelajaran tidak lagi harus di dalam kelas. Perlu inovasi dari guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran. Salah satu dengan melakukan pembelajaran di alam terbuka.

Kata Irwan, pembelajaran di alam terbuka mampu membuat siswa belajar aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam suasana islami (PAIKEMI). ”Kita akan sampaikan informasi ini ke para wali murid. Mungkin ada dari mereka yang berminat,” tandasnya.

Pantuan Lombok Post di lokasi, sebanyak 24 anggota K3MI yang terdiri atas kasek, guru, dan komite disuguhkan melihat secara langsung semua wahana dan fasilitas penunjang MSI. Sesekali mereka mencoba satu demi satu jenis permainan. Salah satunya, permainan menarik rakit. (cr-zen/r6)
Share on Google Plus

About Madrasah Alam Sayang Ibu

Di Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu (MSI) peserta didik dibimbing untuk mencintai belajar sebagai kebutuhan yang akan mepersiapkan mereka menjadi pemimpin Muslim di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar