-->
GREEN MADRASAH: truth sincerity honesty think discover create

Kunjungan MTs NU Pakis Malang ke MTs Alam Sayang Ibu: Berbagai Pengalaman dan Gagasan Untuk Madrasah Hebat

Pose bersama di halaman Madrasah

Menerima kunjungan dari sahabat selalu menjadi momen spesial. Seperti halnya kunjungan Madrasah Sahabat dari Pulau Jawa, MTs NU Pakis Malang ke MTs Alam Sayang Ibu. Momen ini dimanfaatkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola Madrasah dan mengembangkan potensi peserta didik.

MTs Alam Sayang Ibu dengan tagline “Madrasah Riset” menjelaskan tentang sistem PBL (Project Based Learning) yang diterapkan dalam sistem pembelajaran. “Setiap mata pelajaran saling terkait satu sama lain, sehingga tanpa disadari, saat belajar sains, misalnya, anak-anak juga belajar tentang bahasa Indonesia, ilmu sosial, ataupun sejarah,” jelas Jamaludin Abdullah, M.Ed, direktur Lembaga Sayang Ibu.

Penguatan sistem ini dilakukan melalui team teaching dan diskusi rutin antar guru pengampu untuk membahas keterkaitan antar materi. Pada kesempatan ini, hasil kreasi Nune-Dende ditampilkan dalam bentuk poster sederhana, dan masing-masing kelompok bertugas menjelaskan sains project mereka kepada bapak/ibu guru yang bertanya. So much fun! 

Sementara itu, Ibu Dr. Najmah Katsir, Kepala Sekolah MTs NU Pakis Malang, berbagi pengalaman tentang kiat-kiat memajukan Madrasah. “1 tahun 100 prestasi. Inilah yang menjadi target kami sekarang. Setiap anak memiliki potensi berbeda, dan kami mencoba melihat setiap potensi yang dimiliki anak-anak, baik di bidang akademis maupun non-akademis untuk dikembangkan,” jelasnya.

Pada sesi diskusi, para guru berbagi pengalaman tentang tantangan yang dialami saat mengahadapi peserta didik yang diselingi pula dengan performance dari peserta didik. Nune-Dende pun berkesempatan mendapat coaching singkat dari kakak-kakak pramuka MTs NU Pakis. Seru!

Sebagai salah satu Madrasah favorit di Malang, kunjungan MTs NU Pakis menjadi ajang sharing informasi dan gagasan, bekerjasama untuk bergerak membangun peradaban, memberi kontribusi positif untuk negeri. Madrasah Hebat!
Penampilan Nune-Dende MTs Alam Sayang Ibu
Share on Google Plus

About Madrasah Alam Sayang Ibu

Di Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu (MSI) peserta didik dibimbing untuk mencintai belajar sebagai kebutuhan yang akan mepersiapkan mereka menjadi pemimpin Muslim di masa depan.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum....
    Sayang Ibu... Rindu dari pakis. Semoga Masih Bisa Bersua Kembali. Salam Buat Pak Je Skeluarga dan Bapak Ibu gurunya. From MTs NU Pakis ...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr wb... apa kabar mas Askary....? moga tetap keren ya :) MTsNU Pakis? Kerrrreeennn:)

      Hapus