MOVEMENT: Pekan Orientasi Peserta Didik Baru


MOVEMENT menjadi tema Khutbatul 'Arsy--Pekan Orientasi Peserta Didik Baru-- TP. 2017/2018. Movement atau Move on Moment, sesuai dengan namanya, menjadi ajang pergerakan; moving; progressing; bagi peserta didik baru.
Selama satu pekan, semangat movement akan mengajak mereka mengeksplor "rumah" baru yang nantinya akan menjadi tempat mereka belajar, mengembangkan potensi, berproses (progressing), merangkai sedikit demi sedikit gambar besar yang menunggu mereka di masa depan.

Yuk, intip keseruan day-to-day MOVEMENT!

MOVEMENT #Day1

Hari pertama orientasi peserta didik diisi dengan perkenalan. Nune-Dende diperkenalkan dengan segala sesuatu tentang MSI secara teori, yang praktiknya akan mereka alami langsung nantinya. Guru-guru dan kakak tingkat juga turut memperkenalkan diri, sembari diselingi beberapa hiburan yang mencairkan suasana.
main venue Movement

Tak penal maka tak sayang, bukankah demikian? Hehehe..
Pada saat bersamaan, MSI juga kedatangan tamu dari "Tim Penilai Sekolah Sehat". Alhamdulillah, hasilnya memuaskan! 😊😊😊 Menurut Tim, MSI adalah satu-satunya Madrasah Berasrama dengan konsep yang unik dan kebersihannya JAWARA
Bersama tim sekolah sehat

Kegiatan sore hari diisi oleh siraman inspirasi dari Ust.Irvan dan KH. Abdul Karim dari Pondok Pesantren Nurul Bayan. Ust. Irvan adalah seornag penulis, mantan wartawan Republika, yang juga aktif kelilig Indonesia memberikan motivasi dan pelatihan. 

MOVEMENT #Day2

Orientasi hari ke-2 makin seru!
Kegiatan pagi diawali dengan belajar "Public Speaking" bareng kak Leony, presenter dan MC nasional. Kak Ony men-challenge Nune-Dende untuk tampil dan berakting layaknya seorang reporter dan MC. Seru! Next, ada Bang Ical yang mengajak anak-anak untuk belajar menulis kreatif. Di kelas PBB nanti mereka akan makin terbiasa dengan kegiatan baca-tulis.
Public Speaking bersama Kak Ony

Ba'da Ashar peserta didik berkeliling kampung dalam program "Bagi Ta'jil". Alhamdulillah, selain mengenal lingkungan sekitar, mereka juga belajar berbagi dengan sesama.
jalan-jalan bagi ta'jil

MOVEMENT #Day3

Another precious moment!
Orientasi hari ke-3 dimulai dengan pengenalan Tibbun Nabawi bersama Bapak Musagar dari Rumah Bekam Ar-Rayyan. Nune-Dende diajarkan praktik sederhana dan titik-titik tertentu pada bagian tubuh yang terkait dengan kesehatan. Nantinya, mereka akan belajar lebih banyak mengenai praktek ini saat di MSI.
Next, ada Kak Pikong dan Kak Latif, pasangan suami-istri yang mengembangkan sekolah pendalangan Sasak. Kak Pikong jurnalis Kompas TV yang menekuni dunia dongeng sejak SD. Ia juga ketua AJI Mata aram. Kak Latif adalah wartawan tempo. Sejak sekolah sudah aktif di dunua teater. Keduanya sangat menginspirasi!
sharing session bareng kak Latif dan kak Pikong

Sore Hari, Nune-Dende mengikuti kegiatan "Group Bonding Time". Tujuannya agar peserta didik saling mengenal, melatih kekompakan dan kerjasama mereka. Cool!

MOVEMENT #Day4

It's the last day!
Kegiatan hari terakhir diawali dengan Bonding Time bersama kakak-kakak dari komunitas NTN (Nusa Tenggara for Nusantara) dengan permainan grup yang menguji kerjasama dan kekompakan tim, sekaligus belajar mengenali karakter masing-masing individu. It was fun!
Group bonding time
Dengan tema "Inspirasi", panitia Movement sengaja menghadirkan beberapa tokoh yang diharapkan mampu memicu semangat Nune-Dende untuk belajar dan berkarya. Ada Kak Mia dan Kak Noval, alumni PCMI Kanada. Kak Aisyah, founder NTBM yang pada hari tersebut mengapresiasi hasil olahan kertas dan Eco Brick peserta didik dengan memborong semua produk mereka (hehehehe..the students loved it, Kak!! Jadi makin semangat bikin eco brick!). Terakhir, ada Bunda Nursida Syam, yang jauh-jauh dari Lombok Utara datang menebar virus literasi.
Bareng Kak Mia dan Kak Noval
Yay, olahan sampah diborong Kak Aisyah
Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar MSI!


Posting Komentar

0 Komentar