-->
GREEN MADRASAH: truth sincerity honesty think discover create

Catatan Ekspedisi Kaki Rinjani

see you next expedition!

Dari banyak wejangan yang disampaikan Bapak Direktur MSI, Bapak Je Abdullah, ada satu kutipan ayat yang kerap dikutip ulang--favorit Nune Dende: Siiru fil 'ardhi-- berjalanlah kamu di muka bumi.

Perintah "siiru fil'ardh"-pun di sebut berulang-ulang, tersebar dalam12 surat di al-Quran. Menarik sekali. Seorang pejalan pastinya adalah seorang pembelajar. Ia menyaksikan kekuasaan Allah lewat alam semesta. Belajar dari hal-hal yang ditemui sepanjang perjalanan, kemudian mengambil hikmahnya untuk memperkaya diri.
Di air terjun Tibu Bunter

Semangat "Siiru fil 'ardh" ini pulalah yang menjadi salah satu alasan dari berbagai bentuk kegiatan outing di MSI, termasuk Ekspedisi Kaki Rinjani yang masih hangat diperbincangkan Nune-Dende.

Ada yang bercerita tentang jalan berbatu yang harus dilalui, kemudian bertanya tentang kendaraan apa yang paling cocok melalui medan tersebut. Ada yang sibuk bertanya jenis pohon apa yang ditanami di hutan seputar kawasan. Ada yang takjub melihat kerja masyarakat untuk mewujudkan eko-wisata di desanya. Ada yang mau tak mau harus berani mengetuk rumah warga untuk wawancara. Ada yang belajar berbagi bekal yang seadanya. Dan banyak pelajaran lainnya..

Menyusuri sawah..

Ahh, bukankah mengalami adalah bentuk belajar itu sendiri?

As said by Ibnu Battuta:

Travelling---it leaves you speechless then turn you into a storyteller.

Di masa yang akan datang, Nune-Dende akan melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang jauh, ke negeri-negeri asing, bertemu kerabat baru, berbagi semangat positif dan kebahagiaan, menebar manfaat...selamanya menjadi pembelajar.

fun time!


Sampai jumpa di ekspedisi berikutnya!

Salam,
Share on Google Plus

About Madrasah Alam Sayang Ibu

Di Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu (MSI) peserta didik dibimbing untuk mencintai belajar sebagai kebutuhan yang akan mepersiapkan mereka menjadi pemimpin Muslim di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar